KORELASI ANTARA WAKTU BELAJAR DENGAN HASIL PEMBELAJARAN: STUDI KASUS PENDIDIKAN VOKASI POLITEKNIK ENJINERING INDORAMA

Authors

  • Afzeri Politeknik Enjinering Indorama
  • Deni Kurnia Politeknik Enjinering Indorama
  • Emmanuel Agung Nugroho Politeknik Enjinering Indorama

DOI:

https://doi.org/10.61713/jrt.v3i2.102

Keywords:

Pengukuran kuantitatif, pencatatan waktu belajar, LMS, analisis statistik, belajar online

Abstract

Pendidikan tinggi menggunakan pembelajaran yang menuntut kemandirian yang lebih tinggi
dibandingkan dengan level pendidikan dibawahnya. Pengaturan waktu belajar diarahkan pada
mahasiswa sesuai dengan kebiasaan yang baik bagi masing-masing. Namun dalam aturan
pembelajaran yang di tentukan pemerintah, setiap mahasiswa harus memenuhi waktu belajar
minumum untuk menyelesaikan sesuai jumlah SKS. Strategi pembelajaran pada pendidikan
Vokasi PEI memiliki karakteristik dimana adanya pembelajaran yang aktif berupa teori dan praktik
yang dilaksanakan secara terjadwal dikampus dan pembelajaran mandiri yang dilakukan diluar
jadwal. Mahasiswa diharapkan mampu untuk menentukan pendalaman, kapan, metode dan
bagaimana cara belajar serta waktu belajar yang sesuai dengan waktu belajar yang dicatatkan ke
database. Pengambilan data kehadiran dilakukan secara online dimana mahasiswa secara
langsung melakukan presensi kehadiran saat perkuliahan dimulai dan hasil disimpan dalam
satuan menit kedalam database. Analisis regresi multivariable dilakukan untuk melihat korelasi
antara waktu kehadiran di kelas dan waktu pembelajaran mandiri dengan nilai yang diperoleh.
Hasil penelitian menujukkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara waktu belajar
dikelas dengan nilai yang dicapai dengan P Value kurang dari 0.01. Sementara itu waktu belajar
mandiri dirumah secara mandiri dan online (saat pandemic) tidak memperlihatkan korelasi yang
signifikan.

Downloads

Published

2023-11-20

Issue

Section

Ramatekno Vol 3 No 2