Analisis dan Perancangan UI/UX Website Pelaporan 4 Dosa Besar Pendidikan dengan Metode R&D

Authors

  • Helgi Nur Allamsyah Politeknik Enjinering Indorama
  • Musawarman Politeknik Enjinering Indorama
  • Diva Oryza Sativa Politeknik Enjinering Indorama
  • Al Amani Abas Politeknik Enjinering Indorama
  • M.Gilang Ramadan Politeknik Enjinering Indorama
  • M.Apiransyah Ramdhani Politeknik Enjinering Indorama

Keywords:

4 Dosa Besar, Pendidikan, UI/UX, Pelaporan

Abstract

Empat dosa besar dalam dunia pendidikan adalah kekerasan seksual, intoleransi, korupsi, dan perundungan, yang dapat mengganggu pendidikan. Jika hal-hal ini tidak dicegah dan ditangani dengan segera, mereka dapat menjadi ancaman yang mengerikan, terutama bagi korbannya. Empat dosa besar ini sangat berbahaya, termasuk trauma yang parah, kehilangan kepercayaan diri, dan penurunan kualitas hidup korban di pendidikan. Jika tindakan ini tidak dihukum, reputasi pendidikan akan memburuk dan dianggap tidak aman, sehingga orang akan menghindari pendidikan akibat ketakutan akan dampak negatifnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang antarmuka User Interface/eXperience (UI/UX) pada sebuah situs website yang dirancang khusus untuk melaporkan empat dosa besar pendidikan, yaitu kekerasan seksual, intoleransi, korupsi, dan perundungan. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang melibatkan tahapan analisis kebutuhan pengguna, desain prototipe, hingga evaluasi berbasis usability testing. Berdasarkan pengujian usability dengan System Usability Scale (SUS), sistem yang dirancang memperoleh skor rata-rata 80, yang termasuk kategori "Excellent". Hasil ini menunjukkan bahwa desain yang diusulkan efektif dalam memenuhi kebutuhan pengguna, meningkatkan transparansi, dan menciptakan sistem pelaporan yang aman. Penelitian ini diharapkan menjadi dasar untuk pengembangan lebih lanjut, seperti aplikasi mobile atau integrasi dengan sistem pendidikan nasional.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Jurnal Rekayasa Informatika