Sistem Keputusan Seleksi Atlet E-Sport Indonesia Purwakarta Menggunakan Simple Additive Weighting
Keywords:
Esport, Agile, Laravel, Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive WeightingAbstract
Perkembangan turnamen e-sport tumbuh dengan pesat, khususnya di Kabupaten Purwakarta, namun pemilihan atlet e-sport masih bersifat subjektif. Saat ini, belum ada aplikasi yang mampu membantu menyaring maupun menyeleksi calon atlet khususnya di lembaga ESI Kabupaten Purwakarta. Oleh karena itu, perlu dibangun sebuah sistem pendukung keputusan yang mampu membantu manajemen khususnya di ESI Purwakarta dalam memilih atlet e-sport secara objektif. Sistem pendukung keputusan pada penelitian ini menggunakan teknik simple additive weighting dengan kriteria yang digunakan adalah rank, win rate, pengalaman, statistic individu. Pengembangan perangkat lunak menggunakan teknik agile yang meliputi : plan, design, develop, test, deploy, review, dan launch. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan framework laravel. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Sistem pendukung keputusan yang mampu memberikan keputusan pemilihan calon atlet e-sport. Untuk mengukur kualitas aplikasi yang dibangun, dilakukan penilain dengan menyebar data kuesioner terhadap pengguna aplikasi, penilaian menggunakan skala likert. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi ini memiliki nilai 4,7 yang menunjukkan aplikasi yang dihasilkan sudah sangat baik.